Smartphone Android lemot akibat RAM penuh? Ini cara mengatasinya

ramlemotSetelah dipakai dalam waktu lama, smartphone Android biasanya akan mulai mengalami penurunan performa alias menjadi lemot. Salah satu alasan dibalik ‘kelemotan’ itu adalah RAM (Random Access Memory) yang penuh.

Memasang aplikasi RAM Booster atau Task Killer untuk meningkatkan performa smartphone pun bukan pilihan yang disarankan karena bisa berdampak buruk pada smartphone. Namun, ada cara sederhana yang sejatinya bisa dilakukan untuk meningkatkan performa pemrosesan data secara kilat saat RAM penuh.

Langkah pertama yang bisa dilakukan sekaligus cara paling sederhana adalah menghapus aplikasi yang sedang aktif di bagian latar belakang atau background.

Saat selesai memakai aplikasi secara normal atau berpindah-pindah aplikasi secara multitasking, banyak pengguna yang tidak sadar bila aplikasi yang dibuka sebelumnya masih belum ditutup secara sempurna. Akibatnya, aplikasi itu masih berjalan di background dan membuat RAM penuh.

Jika smartphone Android yang Anda miliki berjalan dengan OS Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas, Anda cukup menekan tombol menu beberapa detik untuk menampilkan aplikasi yang ada di background.

Kemudian, Anda hanya perlu menggeser aplikasi yang ingin dihentikan ke kiri atau kanan agar mereka hilang dapat tertutup secara maksimal. Selain menutup aplikasi, cara ini juga dapat membuang aplikasi dari pemrosesan data di RAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.